AKU ADALAH

Foto saya
Aku bebas mengekspresikan apapun.

Waktu

Translate

Jumat, 10 Februari 2012

[Interview] Kim Junsu, Sekarang Dia Senang Dengan Tantangan

Diposkan oleh JYJ3 pada 8 Februari 2010

Perjumpaan dengan Kim Junsu dilakukan setelah lanjutan wawancaranya sejak pagi hari dan baru dimulai setelah matahari terbenam. Wawacara dan latihan terus-menerus, apa yang terjadi jika ia kelelahan?. Untuk itu, saya khawatir tetapi pada akhirnya dia menjawab dengan senang, "Saya dalam status terbaik saya saat ini!". 

Di usia 26 tahun saai ini, ia berkata pada dirinya sendiri, "Di usia ini, saya telah melewati banyak masalah". Saat masih sekolah menengah atas, ia memulai debutnya di TVXQ pada tahun 2004, menjadi grup idola terbaik di Asia dan juga seorang bintang. Perjuangan dan gugatan terhadap agensinya pada tahun 2009 memulai sebuah badai yang mengkhawatirkan. Setelah itu, ia memulai debutnya di panggung musikal dan dapat dikatakan telah menimbulkan sebuah sensasi. 3000 tempat duduk di Sejong Cultural Centre telah terjual habis dalam sekejap dan dia lahir sebagai bintang top di panggung musikal. 

Elisabeth adalah musikalnya yang ke-3 dan juga tantangan lain. Berbeda dengan karya sebelumnya, peran musikal ini  langsung secara utuh dilakukannya sendiri. Hal ini juga tidak perlu pikir panjang, peran utama laki-laki sejatinya telah ia perankan sebelumnya. Dengan demikian, ia yang sungguh-sungguh terhadap musikal, sekali lagi telah menyambut dunia baru. 

Photobucket

Q : Tampaknya kamu kehilangan banyak berat badan?
JS : Saya berolahraga sedikit dan hanya makan sekali dalam sehari. Makanan lainnya adalah dada daging ayam saja. Pada awalnya, saya hanya punya dada daging ayam untuk makan 3 kali tetapi muncul rasa sakit di mulut saya dan saya merasa lesu. Meskipun motif diet adalah untuk mencapai berat badan ideal, kita harus merawat tubuh juga. Saya sekarang merawat kesehatan saya sendiri. 

Q : Apakah pengurangan berat badan untuk peran di musikal itu? 
JS : Pakaian untuk peran "Death" sedikit terbuka sehingga saya ingin sedikit mengukir bentuk tubuh saya. Bahkan tidak untuk musikal ini, saya telah telah berpikir jika saya bisa latihan sejak setahun yang lalu. Ini (musikal) memberikan kesempatan bagi saya untuk mencoba hal itu. 

Q : Musikal berbeda dari peran sebelumnya yang nampaknya lebih maskulin dan menawan
JS : Karena karakter ini, hal ini menampakkan untuk memiliki sebuah kesan

Q : "Elizabeth" mulai berjalan dalam waktu beberapa hari, bagaimana perasaanmu sekarang untuk karya musikal yang ke-3?
JS : Sebelum memulai "Mozart!" dan "Tears Of Heaven", bukan sangkaan, itu lebih kekhawatiran. Tapi kali ini, tampaknya saya merasa lebih merasakannya. Mungkin ini yang ke-3 kali dan dengan demikian (semuanya) tampaknya lebih lazim. Selain itu, bisa dijadikan adaptasi yang lebih baik untuk panggung musikal dan fasilitasnya sehingga merasa lebih rileks. Dalam karya sebelumnya, ada pencapaian tahap panggung nyata bahwa saya mulai disentuh oleh peralatan yang ada. Namun untuk pekerjaan ini, rotasi panggung dsb telah digunakan di ruang latihan dan kenyataan kekhawatiran tersebut berkurang. 

Q : Bagian mana dari musikal mu yang merasa lebih mudah penyesuaian ?
JS : Selama "Mozart!", saya sangat ingin menghafal bentuk dan gerakan. Dibandingkan dengan itu, saya lebih bisa memanjakan diri dalam kenikmatan itu, saya merasa lebih baik dalam persiapan. Jadi secara keseluruhan, detail rincian saya belum pikirkan, semuanya terasa saya bisa mengingat dengan baik sekarang.

Q : Tampaknya bukan hanya fasilitas tetapi juga emosi beban sekarang yang lebih ringan
JS : Di masa lalu ketika sedang diajar oleh orang lain apa yang harus saya lakukan, saya akan merasa malu. Meskipun itu tidak akan terjadi di panggung, tapi ketika saya berlatih, saya akan merasa malu. Misalnya dalam sebuah adegan dimana saya seharusnya menangis, dengan semua orang menatap, meskipun mereka tidak melihat saya sebagai penyanyi, menonton seperti itu masih akan membuat saya merasa terbebani. Selain itu, karena rasa malu sehingga saya tidak yakin apa yang harus dilakukan untuk berdiri di depan. Sekarang, saya bisa melakukannya dengan bebas. Melihat diri sendiri, saya kenyataannya tidak terkejut dan berpikir bahwa saya memang banyak berubah. Sepertinya saya semakin dekat menjadi aktor musikal. Sering banyak pikiran yang muncul. 

Q : Peran "Death" tampaknya semua orang tahu bahwa banyak perbedaan dari pesona yang menyenangkan seorang Kim Junsu
JS : Bagi kesan semua orang, tampaknya image saya digambarkan sebagai sosok yang optimis dan ceria. Meskipun bukan tujuannya, tapi image itu tampaknya telah mendalam bagi semua orang. Penampilan saya sebenarnya memiliki lebih dari sisi itu. Hal itu juga ada sisi lain dan saya ingin menampilkan image yang tidak nampak sebelumnya dan menampilkan melalui karya ini. 

Q : Apakah 'Kim Junsu's Musical Concert' 2 tahun yang lalu, memberikan firasat bahwa kamu akan berakting di "Elizabeth"?
JS : Pada saat itu, meskipun komposer Sylvester Levay mengatakan bahwa aku cocok untuk peran Death, itu belum dikonfirmasi bahwa saya akan dipilih peran. Selama latihan setelah menyanyi 2 buah musik, saya merasa bahwa itu adalah sebanding dengan keunggulan 'Mozart!'. Itu benar-benar baik sekali. Hanya pikiran itu. Setelah itu bukan sebuah proyek tahun berikutnya tapi tahun setelahnya dan itu tidak terasa dekat. Ketika ia datang untuk bertanya tentang keinginan saya kali ini, pada waktu dimana saya tidak puas dengan karakter bermain peran yang sama dan ingin mencoba tantangan baru sehingga saya ingin melakukan ini bahkan lebih. 

Q : Meskipun ini merupakan suatu tantangan, bukankah 2 karya sebelumnya juga merupakan tantangan ?
JS : 'Tears Of Heaven' adalah tantangan besar juga. Meskipun semua orang mungkin tidak tahu ini, tetapi pada hari pertunjukan, bentuk pergerakan berubah dan setelah aku berada di panggung, itu berubah lagi. Namun ketika berakting di 'Tears Of Heaven', itu membuat saya mengerti musikal bahkan lebih. Itu bukan karakter yang dikreasikan dengan cermat dan itu seperti sebuah lukisan bebas yang dilukis di atas selembar kertas putih tanpa cara-cara khusus untuk melakukannya. Oleh karena itu saya mulai belajar dan perlahan mengubah bentuk menjadi aksen sendiri. Itu adalah bagian pekerjaan yang memberikanku banyak pengalaman. 

Q : Dalam karya ini, 'Elizabeth' adalah karakter yang masih faktual, Death adalah karakter imajiner. Bukankah itu tampak sulit?
JS : Seperti karakter lain yang nyata, sehingga mampu menangkap nuansa karakter. Namun sangat sulit untuk memerankan 'Death'. Oleh karena itu saya berpikir dengan cara terbalik, bagaimana 'Elisabeth' memikirkan 'Death'? Setelah berpikir seperti ini, saya memiliki pemahaman itu. Selain itu, saya meminta Sun Young noona dan Joo Hyun noona tentang interpretasi mereka dari karakter saya selama akting. Meskipun pemikiran setiap orang berbeda, ini juga menunjukkan bagaimana kesan kehadiran 'Death' yang bervariasi. Karena tidak ada jawaban yang tepat untuk karakter ini, tampaknya ada pembatasan pada akting. Di sisi lain, saya  merasa bisa terus terhubing dengan berbagai penampilan. Dibandingkan dengan (menghafal) bentuk, saya harus menekankan pada penampilan tubuh dan ekspresi wajah.

Q : Karya-karya terakhir telah menjadi topik diskusi, apakah ada banyak saran musikal yang diusulkan?
JS : Dari apa yang saya tahu, ada cukup banyak.

Q : Kriteria apa yang menjadi dasar pada musikal pilihanmu?
JS : Baru saja saya telah menyaksikan banyak musikal dan mungkin menyaksikan semua itu. Setelah menonton, bahkan ada karya yang saya ingin coba dan rasakan bahwa pekerjaan itu sungguh luar biasa, namun mungkin tidak cocok untuk saya. Ini dasar yang saya pertimbangkan. Namun setelah menonton semua, saya merasa bahwa ada banyak karakter baik yang aku ingin untuk berakting sama. Tidak peduli di masa depan menjadi seorang pemain solo atau tidak harus berada dalam teater besar atau bahkan teater kecil, saya ingin mencobanya. 

Q : Kamu telah menyaksikan cukup banyak musikal, musikal mana yang menurutmu menarik?
JS : "Jekyl & Hyde" (dengan Cho Seung Woo sebagai peran utama). Saya telah mendengar tentang hal itu menjadi sangat terkenal tapi stelah saya menontonnya, saya akhirnya tahu alasan di balik itu. Meskipun "Billy  Elliot" bukan karakter yang dapat saya mainkan, saya merasa itu sangat menakjubkan. Saya telah menyaksikan "Zorro" 2 kali dan menyaksikan Gun Hyung hyung dan Seung Woo hyung.

Photobucket

Q : " Mozart!" di tahun 2010, penampilan Kim Junsu menyebabkan sebuah kegemparan, kami mendengar bahwa sebelum kamu memutuskan untuk memilih peran, kamu merasa terganggu selama masa itu. 
JS : Itu adalah masa yang sangat sulit saat itu. Hal ini mungkin sampai sekarang, saya yang paling bermasalah dan masa yang benar-benar percaya diri dalam diri saya. Vakum selama 6 bulan untuk berdiri di depan publik, saya merasa takut. Dan aku adalah yang pertama dari 3 member yang melangkah maju dalam kegiatan tersebut. Ketidaknyamanan dari menjadi seorang penyanyi dan keanehan seperti pekerjaan yang belum pernah saya coba sebelumnya, ditambah saya pernah mendengar kesan buruk dari partisipasi artis dalam musikal. Ini adalah kekhawatiran saya. Saya berjalan-jalan sepanjang hari waktu itu dan berpikir "Ah, lakukanlah!" dan pemikiran menit berikutnya, "Ah, jangan melakukannya!".

Q : Tapi pada akhirnya kamu melakukannya?
JS : Karena saya benar-benar mencintai musik. Melalui "Mozart!" saya mendapatkan sentuhan musikal untuk pertama kalinya dan mengenal bahwa ada musik seperti itu. Itu adalah perasaan baru, ia memiliki pesona yang sama sekali berbeda dari balada dan pop. Dan karater Mozart menarik perhatian saya. Meskipun hidupnya tampak megah, karena ia adalah seorang yang jenius, sebaliknya ia memiliki keraguan dengan kehidupan. Itu yang membuat hal yang sama pada saya. Pada saat itu, meskipun TVXQ tampak mewah dan kharismatik, saya memiliki keraguan terhadap diri saya sebagai seorang artis. Karena itu, saya ingin menggambarkan tingkat perasaan dan emosi di dalamnya. Mendengarkan lagu "Gold von den Sternen", saya berpikir tentang dimana saya harus maju di dunia ini. Lirik mengubah saya juga. Selama kinerja itu, meskipun saya tidak seharusnya menangis sambil menyanyikan lagu itu, saya sering menangis. Meskipun Young Su noona menyanyi sangat baik, (tertawa) dia menangis di setiap pertunjukan juga. Meskipun anda tidak ingin masuk ke suasana hati semacam itu, anda mungkin akan tenggelam secara alami. 

Q : Bergerak maju menuju dunia baru dengan berani, itu tampaknya tidak ada hal yang disesalkan semua
JS : Jika saya tidak melakukannya pada waktu itu, saya tidak akan bisa tampil di musikal sekarang. Meskipun itu adalah keputusan yang sangat sulit waktu itu, saya merasa bahwa ini adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah saya lakukan dalam hidup saya. 

Q : Itu tampak seperti sebuah tempat yang cukup sulit juga
JS : Seperti semuanya, ini yang pertama dan saya merasa skeptis bertemu orang-orang. Membayangkan berdiri di depan banyak orang dan bagaimana cara untuk menampilkan apa yang harus ditampilkan, ini memang agak sulit. Selain itu saya khawatir tentang penilaian semua orang terhadap para artis. Untungnya saya tampaknya memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang dan ini sangat bagus, dan saya bergaul dengan baik dengan para aktor.

Q : Apa pendapatmu tentang menyanyi?
JS : Pada awalnya, saya bermasalah dengan cara menyanyi opera dan saya tidak pernah bernyanyi seperti ini sebelumnya. Setiap orang yang menggunakan cara menyanyi opera dan itu jelas bahwa saya telah menyanyikan dengan cara yang salah. Selama latihan, saya akan berpikir bahwa saya telah berlatih sia-sia dan banyak kekhawatiran. Waktu itu, sutradara mengatakan, "Ada park Eun Tae, Im Kyung Tae, Park Hyung Gun dan Kim Junsu di Mozart. Penonton memiliki preferensi mereka sendiri dari Mozart dan bukan sebuah ketidakseragaman dan sama (Mozart). Santai saja dan lakukan secara alami!". Kata-kata ini memberi saya kekuatan. Oleh karena itu meskipun saya merasa suit pada awalnya, saya secara bertahap beradaptasi. Tidak peduli ketika saya harus menangis saya akan menangis. Ketika saya harus senang, saya akan benar-benar bahagia. Meskipun ini tidak sempurna, saya menyampaikan apa yang ingin saya sampaikan, memperoleh kepercayaan diri sendiri. 

Q : Kamu menyebutkan bahwa kamu sangat khawatir tentang pandangan publik tentang keartisan. Di kenyataannya kamu merasakannya kan?
JS : Banyak. Tapi saya berpikir, jika mereka melihat perubahan saya dalam bekerja, bukankah mereka akan menyukaiku lebih?. Alasan saya mengatakan ini, bahkan jika terjadi pada anak anda sendiri, semua orang akan berpikir dibandingkan dengan level 1, level 2 akan lebih baik, dibandingkan dengan level 2, level 3 akan lebih baik. Oleh karena itu harus memberikan cinta sejak tingkat 1 dan menonton sebagai salah satu tahap perkembangan, (orang lain) akan menyukainya lebih dan bahkan lebih. Karena ada orang yang menonton saya yang mulai sebagai seorang aktor musikal, sambil perlahan mengumpulkan kemampuan saya sendiri, sehingga saya pasti tidak akan mengecewakan mereka dan akan bekerja keras.

Q : Karena status idola dan berakting sebagai peran utama sejak awal, prasangka terlihat tidak hanya terhadap Kim Junsu saja
JS : Dibandingkan dengan industri penyanyi, pasar untul musikal jauh lebih kecil. Untuk memasuki (pasar musikal) sebagai seorang artis dan menjadi aktor utama, bahkan untuk mengatakan bahwa "Saya seorang aktor musikal" masih akan diprasangkakan. Saya benar-benar dapat memahami pandangan tersebut dan karena itu saya harus menjaga pikiran untuk bekerja keras dan mempertimbangkan faktor-faktor dimana saya harus melakukannya dengan baik. Setidaknya, saya berpikir "Saya melakukannya karena saya mencintai musikal". Saya tetap menjaga pemikiran itu setelah berlalunya waktu dan saya bisa mempersembahkan apa yang aku inginkan lainnya. 

Q : (Kamu) tidak ingin dilihat sebagai idola
JS : Itu tidak membuang status saya sebagai penyanyi idola tetapi mimpi saya adalah tidak harus dilihat sebagai seorang idola letika saya tampil di musikal. 

Q : Bahkan dipilih menjadi peran seorang model untuk musikal?
JS : Pikiran akhir-akhor ini, saya menyukai banyak aktor musikal dan para aktor "Elizabeth" yang sama luar biasanya, Seung Woo hyung mampu berakting dalam musikal dan film, menyeimbangkan kedua sisi inilah yang aku harapkan. 

Q : Kami mendengar JYJ merilis album baru tahun ini
JS : Album yang dirilis di seluruh dunia di tahun sebelumnya dan itu adalah sebuah album yang menjangkau seluruh dunia. Saat ini ada rencana untuk album kedua. Meskipun kenyataan jadwalnya belum keluar, itu mungkin akan muncul di sekitar musim panas. Saat ini, saya menulis lirik dan menggubah lagu ketika ada waktu luang. 

Q : Apakah tidak ada rencana untuk sebuah album solo atau konser ?
JS : Saat ini tidak ada rencana seperti itu. Tentu kita ingin membuat sebuah acara dimana kita bisa berinteraksi dengan fans tapi kriteria pilihan kami berbeda dari penyanyi lain. Kenyataannya pilihan kami dibatasi namun kita berharap melakukan yang terbaik di setiap hal yang kita bisa lakukan. 

Q : Pembatasan dalam penyiaran karena masalah kontrak mengakibatkan hilangnya kesempatan untuk berdiri di depan publik sebagai penyanyi
JS : Hal ini memang sulit untuk tidak bisa berada di program penyiaran, itu karena tidak dapat melakukannya, bukan karena kita tidak ingin melakukannya. Semenjak kita tidak bisa melakukan itu, mengapa tidak menemukan cara lain untuk memenuhinya?. Ini berpikir positif. Hanya saja karena sebagai penyanyi Korea, belum bisa memperoleh pengakuan di negara saya sendiri dan tidak bisa berpartisipasi dalam kegiatan. Hal ini memang memprihatinkan. Saya terutama, minta maaf kepada fans Korea. Meskipun situasi saat ini telah berubah sedikit lebih baik, kita tidak mudah menyerah. Itulah yang anggota (JYJ) pikirkan. 

Q : Sepertinya itu sulit, sehingga hubungan persahabatan diantara anggota nampaknya akan semakin dekat?
JS : Sekarang kita dapat mengerti satu sama lain hanya dengan melihat satu sama lain di mata kita, karena kita hanya memiliki satu sama lain untuk mempertahankannya. Oleh karena itu, kami menjadi dekat dan bekerja keras yang tidak menghambat satu sama lainnya. Hal-hal yang kita mampu lakukan, kita akan melakukannya dengan upaya terbaik kami dan tidak menjadi kendala bagi masing-masing anggota. Saya berpikir bahwa memiliki pemikiran yang seperti itu akan mencapai hasil yang terbaik. Kami juga menulis untuk album kami sendiri dan kami bahkan berpartisipasi dalam perencanaan konser. Meskipun sangat sulit dan kadang merasa lelah, kami merasa kebahagiaan terbesar saat melakukannya. Karena sentimen seperti itu, membuat kami bertiga lebih bersatu. Tidak peduli kapan, saya merasa bersyukur. Tampaknya tidak peduli di masa depan apakah kita sudah menikah atau memiliki anak atau bahkan ketika kita menjadi kakek tua, kita masih akan menjadi sanak saudara, bermain catur. 

Q : Apakah perbedaan antara Xiah Junsu dan Kim Junsu ?
JS : Tidak ada perbedaan. Tidak apa-apa memanggil saya Xiah Junsu, meskipun itu nama saya di TVXQ tapi Xiah Junsu masih saya. Saya tidak pernah bermimpi untuk meninggalkan status idola. Di negara-negara lain seperti Beyonce dan Nsync, bukankah mereka idola juga?. Sepertinya itu hanya di negara kita, pandangan dan citra terhadap idola yang membatasinya. Saya berpikir tidak peduli baik itu citra idola atau citra penyanyi, itu bisa diciptakan. Meskipun saya pernah berpikir mengubah citra idola saya tapi saya tidak pernah sekalipun membuang citra idola. 

Q : Kamu hampir sudah di akhir usia dua puluhan dan memperolah banyak pengalaman di masa lalu, apakah itu membantumu dalam bernyanyi?
JS : Ketika bernyanyi, anda benar-benar harus menyanyikannya dengan sungguh-sungguh. Meskipun merupakan faktor sederhana dan mudah diabaikan, itu bukan hal mudah. Meskipun pengalaman saya lebih banyak dibandingkan orang lain yang usianya sama, saya masih sentimental di usia dua puluhan. Ketika berusia tiga puluhan, saya akan mendapatkan perasaan yang cocok untuk usia itu dan saat saya berusia empat puluhan, saya akan bisa menyanyikan lagu-lagu secara alami seorang yang usianya empatpuluhan.

Q : Apa harapanmu untuk tahun ini?
JS : Saya berharap untuk hasil yang baik dalam musikal dan album. Sekarang saya tidak mengikat pada penghargaan dan (angka) penjualan. Meskipun saya masih sangat bersyukur atas penghargaan saya di musikal, tetapi nampaknya saya belum membuat karya musikal yang mendapat penghargaan. Saya sedikit menyesal dalam hal ini. Jika hanya "Elizabeth" bisa menerima penghargaan atas kinerjanya, itu akan menjadi baik. (Tertawa) Jadi tahun depan kira-kira seperti ini. Anggota (JYJ) dan saya dengan sungguh-sungguh akan melakukan segalanya yang terbaik diantara situasi sulit dan benar-benar menikmati dan menerima dengan kepuasan hati



Source : playdb | Credit : loveossammi
Trans Eng by : rachui@sharingyoochun | Shared Eng by : SYC + JYJ3


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar apapun . Penulis sangat menghargai atas segala kritik, saran dan kesan dari para pembaca.