AKU ADALAH

Foto saya
Aku bebas mengekspresikan apapun.

Waktu

Translate

Minggu, 18 Maret 2012

Pembelajaran Inovatif

Pembelajaran Inovatif adalah pembelajaran yang dikemas oleh guru yang merupakan wujud gagasan atau teknik yang dipandang baru agar mampu memfasilitasi siswa untuk memperoleh kemajuan dalam proses dan hasil belajar. 

Prinsip-prinsip :
1. Pembelajaran bukan pengajaran
2. Guru sebagai fasilitator bukan instruktur
3. Siswa sebagai subjek bukan objek
4. Multimedia bukan monomedia
5. Sentuhan manusiawi bukan hewani

6. Pembelajaran induktif bukan deduktif
7. Materi bermakna bagi siswa bukan sekedar hafalan
8. Keterlibatan siswa partisipatif bukan pasif

1. Berpusat pada siswa
Mengorientasikan siswa pada situasi yang bermakna, kontekstual, dunia nyata. dan menyediakan sumber belajar, bimbingan, petunjuk bagi pembelajaran ketika mereka mengembangkan pengetahuan tentang materi yang dipelajarinya sekaligus memecahkan masalah.

2. Berbasis Masalah
Pembelajaran dimulai dari masalah-masalah yang autentik, aktual, relevan dan bermakna bagi siswa. Dengan pembelajaran dimulai dari masalah, siswa belajar suatu konsep dan prinsip sekaligus memecahkan masalah. Ada 2 hasil pembelajaran yang dicapai yaitu jawaban terhadap masalah (produk) dan cara memecahkan masalah (proses). 

3. Terintegrasi
Kaitan ilmu yang dipelajari dengan disiplin ilmu yang lain. 

4. Berbasis Masyarakat
Mengajak siswa mengimplementasikan yang dipelajari dari dalam kelas ke kontke masyarakat atau sebaliknya mengambil masalah-masalah yang terjadi di masyarakat sebagai bahan untuk belajar keterampilan dan pengetahuan yang lebih dalam merupakan proses pembelajaran yang bermakna. Siswa akan lebih cepat menyimpan materi pembelajaran dalam memorinya jika mater itu berbasis pengalaman nyata di masyarakat.

5. Memberikan Pilihan 
Pembelajaran harus menyediakan alternatif yang dipilih oleh siswa. Keharusan menyediakan ilihan berkaitan dengan karakteristik substansi ilmu yang disampaikan dan pengaruh strategi yang digunakan terhadap retensi siswa. Keterampilan psikomotor, keterampilan kognitif, keterampilan sosial serta keterampilan memecahkan masalah serta sikap memiliki strategi pembelajaran yang berbeda-beda untuk daat mencapai tujuannya. 

6. Tersistem
Memiliki langkah-langkah yang harus dilakukan secara sekuensial

7. Berkelanjutan 
Setiap konsp yang diperoleh pada pembelajaran sebelumnya harus dirangkai secara kontinyu dengan konsep baru yang diperoleh sehingga membentuk jalinan konsp di dalam benak seseorang. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar apapun . Penulis sangat menghargai atas segala kritik, saran dan kesan dari para pembaca.